Sejarah Kemerdekaan Negara Malaysia

Sejarah Kemerdekaan Negara Malaysia

Sejarah Kemerdekaan Negara Malaysia -Mungkin dari anda semua pastinya mengetahui bahwa Malaysia merupakan salah satu bekas negara jajahan Inggris yang sangat terkenal.

Hal itu tentunya dikarenakan kemerdekaan Malaysia adalah hasil pemberian dari Inggris yang melihat bahwa negara Malaysia telah cocok dibebaskan. Pada artikel kali ini potamusprefers akan mengulas tentang Sejarah Kemerdekaan negara Tanah Melayu ini.

Sejarah Kemerdekaan Negara Malaysia

Kisah Sejarah Kemerdekaan Negara Malaysia

Memang perlu diakui perkembangan negara Malaysia yang merupakan sebelumnya adalah bekas jajahan Jepang sangatlah pesat dibandingkan negara lain di asia tenggara. Dan hal itu lah yang membuat Negara Inggris kemudian melepaskan negara Malaysia untuk memperoleh kemerdekaan nya sendiri. Dikarenakan menurut Inggris bahwa Malaysia telah berhak memperoleh kemerdekaan dikarenakan proses yang panjang sebelum penjajahan sampai dengan penjajahan jepang selesai.

Termasuk salah satu negara Persemakmuran Inggris yang terkenal ini, maka Inggris pun akahirnya mengakui kemerdekaan Malaysia pada tanggal 31 Agustus 1957 yang sebelumnya berbentuk Federasi Malaya. Sebagai informasi untuk negara Malaysia ini meliputi Sembilan kerajaan Melayu dengan dua provinsi yang terdiri atas Johor, Kelantan, Kedah, Malaka, Negeri Sembilan, Pahang, Penang,  Perak, Perlis, Selangor dan juga Terenggu.

Nah, namun nyatanya banyak juga masyarakat Malaysia yang memainkan bola SBOBET88 di Agen Sbobet88 Indonesia yang telah dikenal dan dipercaya sejak 10 tahun lalu. Disamping itu tahap pertama sebelum bermain adalah melakukan daftar sbobet88 di Situs judi Sbobet88 Terbaik dan Terpercaya yang memberikan pelayanan serta fasilitas nomor 1 bagi member sbobet88 asia

Untuk pemimpin negara Federal Malaysia ini adalah Perdana Menteri dengna ibukota negara di Kuala Lumpur. Sebelum mendapatkan pemberian kemerdekaan dari Inggris, salah satu negara Melayu ini selalu berusaha untuk memperoleh kemerdekaan dengan beberapa sikap yang positif. Terdapat beberapa alasan seperti logisstik dan administrasi yang membuat kemerdekaan tersebut baru diresmikan pada tanggal 31 Agustus 1957 di Stadium Merdeka, Kuala Lumpur. Sebelumnya proses kemerdekaan ini telah dicapai dari Inggris sejak tanggal 18 Feb 1956.

Adapun proses kemerdekaan federasi Malaysia ini merupakan puncak dari pembentukan penting untuk Federasi Malaysia yang dibentuk tanggal 16 September 1963 yang tiap tahun diperingati sebagai Hari Malaysia. Memang perlu diakui bahwa beberapa negara di Asia Tenggara tidak menyetujui dengan kemerdekaan tersebut. Namun rupanya semua itu berubah ketika terjadinya Perkumpulan Tanah Melayu yang telah dinilai kokoh dan cukup kuat untuk dijadikan sebuah Negara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *